Rabu, 29 April 2009

LIGNIN

LIGNIN

Lignin adalah suatu polimer yang komplek dengan bobot molekul tingi yang tersusun atas unit-unit fenilpropana. Lignin termasuk ke dalam kelompok bahan yang polimerisasinya merupakan polimerisasi cara ekor (endwisepolymerization), yaitu pertumbuhan polimer terjadi karena satu monomer bergabung dengan polimer yang sedang tumbuh. Polimer lignin merupakan polimer bercabang dan membentuk struktur tiga dimensi.

Di alam keberadaan lignin pada kayu berkisar antara 25-30%, tergantung pada jenis kayu atau faktor lain yang mempengaruhi perkembangan kayu. Pada kayu, lignin umumnya terdapat di daerah lamela tengah dan berfungsi pengikat antar sel serta menguatkan dinding sel kayu. Kulit kayu, biji, bagian serabut kasar, batang dan daun mengandung lignin yang berupa substansi kompleks oleh adanya lignin dan polisakarida yang lain. Kadar lignin akan bertambah dengan bertambahnya umur tanaman.

Lignin bersifat tidak larut dalam kebanyakan pelarut organik. Lignin yang melindungi selulosa bersifat tahan terhadap hidrolisa yang disebabkan oleh adanya ikatan alkil dan ikatan eter. Pada suhu tinggi, lignin dapat mengalami perubahan struktur dengan membentuk asam format, metanol, asam asetat, aseton, vanilin dan lain-lain. Sedangkan bagian lainnya mengalami kondensasi (Judoamidjojo et al., 1989).





Lignin mempunyai bobot molekul yang rendah di dalam kayu namun menjadi makromolekul yang mempunyai bobot molekul lebih tinggi ketika terlarut. Bobot molekul ini menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi fungsi fisik dari lignin. Bobot molekul lignin tidak seragam, karena dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain proses isolasi lignin, degradasi makromolekul selama proses isolasi, efek kondensasi dan ketidakteraturan sifat lignin dalam larutan.

Isolasi Lignin

Terdapat empat metode pemisahan lignin. Pertama yaitu lignin diekstrak dengan asam, lignin dihidrolisa dan diekstrak dari kayu, lignin diubah menjadi turunannya yang larut dan keempat menggunakan bantuan enzim.

Yang termasuk turunan lignin antara lain lignosulfonat, lignin kraft, lignin alkali, dan lignin etanol. Lignosulfonat dihasilkan dengan mereaksikan kayu pada suhu tinggi dengan larutan yang mengandung SO2 dan ion hidrogen sulfit. Adapun lignin kraft dan lignin alkali dihasilkan dengan mereaksikan kayu dengan NaOH atau campuran NaOH dengan Na2S pada suhu 170oC. Lignin etanol adalah lignin yang dihasilkan dari pemanasan kayu dengan etanol pada suhu pengolahan pulp.

Lignin merupakan bahan yang tidak diinginkan dalam pembuatan pulp dan kertas karena menyebabkan masalah selama proses pembuatan pulp khususnya pada proses bleaching. Adapun metode pemisahan lignin dari lindi hitam adalah dengan cara penguapan, pengendapan, dan ultra filtrasi.

Aplikasi Lignin

Lignin disusun oleh unit-unit fenil propana. Sesuai dengan strukturnya sebagai polifenol, lignin sebagai perekat memiliki sifat-sifat seperti perekat fenol formaldehida. Dengan demikian fungsi perekat dari formaldehida dapat disubstitusi oleh lignin terutama lignosulfonat.

Lignin yang terkandung dalam limbah cair dapat dimanfaatkan sebagai bahan perekat, bahan pengisi karet, dan bahan baku vanillin. Di laboratorium, lignin sering digunakan sebagai indikator di dalam eksperimen studi kecernaan pada ternak ruminansia karena sifatnya yang tidak larut.

Share

6 komentar:

  1. Thanks bt infonya..bermanfaat bangetz..klo bisa tlg disajikan juga karakteristik bakteri lignolitik n kalau tidak keberatan tlg ya dikirimkan ke email saya di chris.honin36@gmail.com sebelumnya thanks bt bantuannya bung Eko.

    BalasHapus
  2. lignin tu termasuk komponen polisakarida ato bukan?

    BalasHapus
  3. lignin ibarat semen pada tembok
    dia termasuk polifenol

    BalasHapus
  4. bisa di sebutkan tidak sumbernya dari mana saja?terima kasih

    BalasHapus
  5. bagaimana cara menghilangkan zat lignin pada sebuah spesimen ?

    BalasHapus
  6. Kenapa polimer lignin yang memiliki SG/ratio tinggi bersifat lebih less condensed?

    BalasHapus